Turunkan Resiko Kanker Dengan Donor Darah

Senin,24 Juli 2023

Donor darah merupakan kegiatan sosial sebagai wujud kepedulian sesama manusia, manfaat dari kegiatan donor darah selain membuat tubuh menjadi sehat juga dapat menurunkan resiko kanker. Oleh karena itu Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit STIKES Nasional mengadakan kegiatan donor darah para pendonor tidak hanya berasal dari mahasiswa dan mahasiswi kampus STIKES Nasional saja tetapi kegiatan ini dibuka untuk umum.

Kegiatan donor darah ini dilakukan dikampus STIKES Nasional tepatnya pada ruang 1012 dengan bantuan kerjasama dengan PMI Sukoharjo. Acara ini dilakukan pada hari Sabtu tanggal 8 Juli 2023 dengan diikuti peserta dari mahasiswa/mahasiswi STIKES Nasional dan masyarakat umum.

Pada saat hari acara berlangsung dimulai dengan panitia melakukan persiapan dan breafing bersama dengan PMI Sukoharjo. Acara dimulai dengan pendonor melakukan registrasi untuk mengisi beberapa informasi data diri, kemudian diarahkan ke ruangan untuk bertemu dengan dokter melakukan beberapa check up seperti tensi darah dan lainnya. Setelah pendonor dinyatakan dapat melakukan donor darah maka akan diarahkan menuju bed untuk dilakukan pengambilan darah yang mungkin berlangsung kurang lebih 15 menit. Setelah itu pendonor akan diberikan kartu tanda donor, yang berarti pendonor sudah melakukan donor darah. Donor darah ini dilakukan 3 bulan sekali atau 3 kali dalam setahun saja.